Sabtu, 26 April 2014

Membuat Blog Lebih Menarik

Diposting oleh Unknown di 04.15
        Yap, siapa sih yg gamau blognya bagus dan keren? Pastinya mau dong, supaya lebih menarik dan membuat blog kamu ramai dengan pengunjung. Karena sebelumnya aku udah nulis tentang bagaimana cara membuat blog dengan mudah dan sekarang, sesuai dengan janjiku kali ini aku akan membagi ilmu membuat tampilan blog lebih menarik kepada kalian, membagi ilmu? Kayak guru aja wkwk enaknya pake aku atau gue ya? Gue aja kaliya biar keliatan akrab gituuu. Sebenernya gue juga newbie sih hehehe tapi mau ngasih tau apa yg gue tau ajaa. Hal yg perlu diperhatikan dalam sebuah blog adalah tampilan sebuah blog. Kenapa? Karena kalau misalkan tampilan blog kalian jelek exactly kurang bagus atau acak acakan atau gak enak dipandang, siapa yg mau masuk blog lo? Yg ada baru buka blog lo langsung di close tab gitu aja. Langsung aja kaliya ke topik utama? Okedeh. 
Sumber foto


 1. Tema Blog
     
      Setiap blog pasti punya ciri khas nya sendiri, punya logo nya sendiri. Kayak blog gue, gue suka sama warna pink, jadi tema di blog gue serba pink, yakan? Bahkan tema di laptop gue pun cake yg serba pink. Nah kalian juga sama, gue yakin pasti kalian punya ciri khasnya sendiri supaya beda dari yg lain. Jangan cuma download templates yg udah jadi coba deh bikin asli kerjaan sendiri pasti bakalan lebih puas dibanding cuma download templates. Tapi kalo kalian lebih suka yg instan boleh ajaa download asal dirapikan lagi. Yang mau download templates keren gratis mungkin ini ada sedikit situs yg menyediakan berbagai templates silahkan aja kesitus berikut :


  • Yang suka anime bisa ke sini
  • Yang girly banget bisa ke sana
  • Terakhir bisa ke sina dan ke sani

2. Widget


    Widget sebenernya memang perlu buat blog kita agar lebih menarik. Kalo gaada widget juga keliatannya blog kita sepi kayak kuburan(?) Tetapi ada yang harus diperhatikan dalam memasang widget diblog. Karena beberapa widget mempengaruhi page reload akibatnya blog kita jadi lola alias loading lama, gamau kan? Bisa bisa pengunjung bisa kabur duluan karna loading nya gak selesai selesai. Makanya pasang widget yang penting2 aja seperti :



  • Followers
  • Blog Archive
  • Search Engine, agar mempermudah pengunjung mencari artikel yg ingin dibaca
  • Jumlah pengunjung
  • Pet, bagi yg suka memelihara bisa adop di sini
  • Chat Box, biar bisa ngobrol dan lebih dekat dengan pengunjung :)
Dll.
Jangan memasang widget jam atau kalender atau semacamnya, soalnya itu kayaknya ga penting deh justru malah menambah loading page. Kan itu udah ada dikomputer/laptop pengunjung itu sendiri jadi sebaiknya sih gak usah tapi kalau kalian suka ya silahkan hehe.Oiya kalo perlu sih gausah memasang lagu diblog ya soalnya  itu agak mengganggu pengunjung, contoh; dia(pengunjung) lagi dengerin musik di laptop/pcnya trus dia masuk keblog kita, suddenly ada lagunya juga alhasil lagunya jadi bertabrakan kan mending musik diblognya bisa distop, kalo ngga? 

3. Font




Naah disini font berperan sangat penting setelah tema dan widget buat blog, kenapa? Coba deh kalian lihat blog blog yg lain yg jarak paragrafnya berdempetan itu gimana? Bikin pusing kan bacanya, kalo gitu siapa yang mau baca? Makanya atur jarak setiap barisnya biar lebih enak diliat dan dibacanya juga gampang. Size font juga jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, sedang sedang saja yg penting enak. Enak? emang makanan wkwk warna Font juga jangan kayak gini :



CONTOH

CONTOH
CONTOH


Yang ada bikin sakit mata-_- Sesuaikan sama background blog lo. Misal background nya putih dan warna fontnya item. Kan enak dibaca tuh. Heeuh

4. No Captcha

    1 lagi nih jangan pake captcha dikolom komentar, itu justru bikin pengunjung yg tadinya mau komentar trus tiba tiba disuruh ngisi kode captcha jadi males. Mending kodenya gampang, kalo susah?

Sebenernya sih masih banyak tapi kayaknya ini aja yg gue tau, yaudah deh. Semoga bermanfaat;)


2 komentar:

  1. sangat membantu gue untuk mendandan blog gue, thanks
    jangan lupa main2 ke http://didiefasolasidoo.blogspot.com/
    di tunggu ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahalhamdulillah, thanks juga udah berkunjung. okeey

      Hapus

 

Firra's Land Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal